Definisi Komunikasi Massa
Komunikasi dapat dipahami sebagai proses penyampaian pesan, ide, atau informasi kepada orang lain dengan menggunaka sarana tertentu guna mempengaruhi atau mengubah perilaku penerima pesan.
Komunikasi Massa adalah (ringkasan dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
Massa sendiri artinya “orang banyak” atau “sekumpulan orang” –kelompok, kerumunan, publik.
Bittner: Mass communication is messages communicated throught a massa medium to a large number of people.
William R. Rivers dkk. membedakan antara communication dan communications. Communication adalah proses berkomunikasi. Communications adalah perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi, e.g. genderang, asap, butir batu, telegram, telepon, materi cetak, siaran, dan film.
Edward Sapir: Communication = proses primer, terdiri dari bahasa, gestur/nonverbal, peniruan perilaku, dan pola perilaku sosial. Communications = teknik-teknik sekunder, instrumen dan sistem yang mendukung proses komunikasi, e.g. kode morse, telegram, terompet, kertas, pulpen, alat cetak, film, pemancar siara radio/TV.
William R. Rivers dkk.:
Komunikasi Massa dapat diartikan dalam dua cara:
Komunikasi dapat dipahami sebagai proses penyampaian pesan, ide, atau informasi kepada orang lain dengan menggunaka sarana tertentu guna mempengaruhi atau mengubah perilaku penerima pesan.
Komunikasi Massa adalah (ringkasan dari) komunikasi melalui media massa (communicating with media), atau komunikasi kepada banyak orang (massa) dengan menggunakan sarana media. Media massa sendiri ringkasan dari media atau sarana komunikasi massa.
Massa sendiri artinya “orang banyak” atau “sekumpulan orang” –kelompok, kerumunan, publik.
Bittner: Mass communication is messages communicated throught a massa medium to a large number of people.
William R. Rivers dkk. membedakan antara communication dan communications. Communication adalah proses berkomunikasi. Communications adalah perangkat teknis yang digunakan dalam proses komunikasi, e.g. genderang, asap, butir batu, telegram, telepon, materi cetak, siaran, dan film.
Edward Sapir: Communication = proses primer, terdiri dari bahasa, gestur/nonverbal, peniruan perilaku, dan pola perilaku sosial. Communications = teknik-teknik sekunder, instrumen dan sistem yang mendukung proses komunikasi, e.g. kode morse, telegram, terompet, kertas, pulpen, alat cetak, film, pemancar siara radio/TV.
William R. Rivers dkk.:
Komunikasi Massa dapat diartikan dalam dua cara:
1.
Komunikasi oleh media.
2.
Komunikasi untuk massa.
Namun, Komunikasi Massa tidak berarti komunikasi untuk setiap orang. Pasalnya, media cenderung memilih khalayak; demikian pula, khalayak pun memilih-milih media.
Namun, Komunikasi Massa tidak berarti komunikasi untuk setiap orang. Pasalnya, media cenderung memilih khalayak; demikian pula, khalayak pun memilih-milih media.
Karakteristik Komunikasi Massa
William R. Rivers dkk.:
William R. Rivers dkk.:
1.
Satu arah.
2.
Selalu ada proses seleksi –media memilih
khalayak.
3.
Menjangkau khalayak luas.
4.
Membidik sasaran tertentu, segmentasi.
5.
Dilakukan oleh institusi sosial (lembaga
media/pers); media dan masyarakat saling memberi pengaruh/interaksi.
McQuail menyebut ciri utama komunikasi massa dari segi:
1.
Sumber : bukan satu orang, tapi organisasi
formal, “sender”-nya seringkali merupakan komunikator profesional.
2.
Pesan : beragam, dapat diperkirakan, dan
diproses, distandarisasi, dan selalu diperbanyak; merupakan produk dan komoditi
yang bernilai tukar.
3.
Hubungan pengirim-penerima bersifat satu
arah, impersonal, bahkan mungkin selali sering bersifat non-moral dan
kalkulatif.
4.
Penerima merupakan bagian dari khalayak
luas.
5.
Mencakup kontak secara serentak antara
satu pengirim dengan banyak penerima.
Denis McQuail tentang Media:
1.
Industri pencipta lapangan kerja, barang,
dan jasa serta menghidupkan industri lain.
2.
Sumber kekuatan –alat kontrol, manajemen,
dan inovasi masyarakat.
3.
Lokasi (forum) untuk menampilkan peristiwa
masyarakat.
4.
Wahana pengembangan kebudayaan –tatacara,
mode, gaya hidup, dan norma.
5.
Sumber dominan pencipta citra individu,
kelompok, dan masyarakat.
Lengkapnya, Karakteristik Komunikasi Massa menurut para pakar komunikasi :
1.
Komunikator Melembaga (Institutionalized
Communicator) atau Komunikator Kolektif (Collective Communicator) karena media
massa adalah lembaga sosial, bukan orang per orang.
2.
Pesan bersifat umum, universal, dan ditujukan
kepada orang banyak.
3.
Menimbulkan keserempakan (simultaneous)
dan keserentakan (instantaneos) penerimaan oleh massa.
4.
Komunikan bersifat anonim dan heterogen,
tidak saling kenal dan terdiri dari pribadi-pribadi dengan berbagai karakter,
beragam latar belakang sosial, budaya, agama, usia, dan pendidikan.
5.
Berlangsung satu arah (one way traffic
communication).
6.
Umpan Balik Tertunda (Delayed Feedback)
atau Tidak Langsung (Indirect Feedback); respon audience atau pembaca tidak
langsung diketahui seperti pada komunikasi antarpribadi.
Karakteristik Media Massa:
1.
Publisitas, yakni disebarluaskan kepada
publik, khalayak, atau orang banyak.
2.
Universalitas, pesannya bersifat umum,
tentang segala aspek kehidupan dan semua peristiwa di berbagai tempat, juga
menyangkut kepentingan umum karena sasaran dan pendengarnya orang banyak
(masyarakat umum).
3.
Periodisitas, tetap atau berkala, misalnya
harian atau mingguan, atau siaran sekian jam per hari.
4.
Kontinuitas, berkesinambungan atau
terus-menerus sesuai dengan priode mengudara atau jadwal terbit.
5.
Aktualitas, berisi hal-hal baru, seperti
informasi atau laporan peristiwa terbaru, tips baru, dan sebagainya. Aktualitas
juga berarti kecepatan penyampaian informasi kepada publik.
Referensi: Dennis McQuail, Teori Komunikasi Massa:
Suatu Pengantar, Erlangga, Jakarta, 1987; William R. Rivers at.al., Media Massa
dan Masyarakat Modern: Edisi Kedua, Prenada Media, Jakarta, 2003; Winarni,
Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, UMM Press, 2003. [www.romeltea.com].(
http://id.shvoong.com).
0 komentar:
Posting Komentar